- Menjelaskan konsep-konsep- keanekaragaman hayati, prinsip prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alambagi kehidupan.
- Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
- Menjelaskan kunci determinasi sederhana
- Menhelaskan tata nama binomial organisme
- sistem klasifikasi keanekaragaman hayati di Indonesia
SKL 2.
- Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi
kehidupan.
- Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia
- Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji
- Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata
SKL 3.
- Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.
- Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
- Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
SKL 4.
- Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
- Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya
- Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.
- Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
SKL 5.
- Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya
- Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia
- Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya
SKL 6.
- Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.
- Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
SKL 7.
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses Pertumbuhan dan perkembangan
yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan.
- Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
- Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
- Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak)
SKL 8.
- Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.
- Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.
- Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan kromosom
- Menjabarkan proses sintesis protein
- Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
- Mendeskripsikan hukum Mendel dan system persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel
SKL 9.
- Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada
salingtemas.
- Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contohcontohnya
- Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
- Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi
SKL 10.
- Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.
- Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi
- Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
SKL 11.
- Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan.
- Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh-contohnya
Prediksi SKL
NO
SOAL 1 | SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan | KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati Indonesia |
| 1. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, Gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .III/1 a. divisio, kelas, familia, genus b. divisio, familia, genus, spesies c. subdivisio, klas, familia, genus d. subdivisio, klas, ordo, spesies e. subdivisio, ordo, familia, spesies 2. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. . a. spesies sama, varietas sama b. spesies beda, varietas sama c. spesies sama, genus berbeda d. genus sama, spesies berbeda e. berbeda spesies maupun genus 3. Kunci dikotom filum Arthropoda : I/1 1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ............. Insekta 1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................. 2 2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut ............................. 3 2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ....................... 4 3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ................................. Arachnida 3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ........................ Crustacea 4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki....... Chilopoda 4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki........ Diplopoda Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri ......... a. 1a, 2b, 3a, 4b b. 1b, 2a, 3a, 4a c. 1b, 2b, 3b, 4b d. 1b, 2b, 4a e. 1b, 2a, 3b 4. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan ....... A. nama spesies B. nama genus C. penunjuk spesies D. penunjuk genus E. keterangan genus 5. Menurut binomial nomenklatur penulisan nama ilmiah tumbuhan padi adalah ........ A. ORYZA SATIVA B. Oryza Sativa C. Oryza-Sativa D. Oryza sativa E. Oryza SATIVA | |
PREDIKSI | ||
1. Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan ....... A. nama spesies B. nama genus C. penunjuk spesies D. penunjuk genus E. keterangan genus |
NO SOAL 2 | SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan | KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem |
| 1. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. . a. varietas d. genus b. ekosistem e. gen c. filogenetik 2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah … a. lengkuas, jahe, salam b. aren, kelapa, pinang c. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras d. bawang merah, daun sledri, bawang putih e. ubi, singkong, talas 3. Tumbuhan mampu menghasilkan gas oksigen (O2) melalui fotosintesis yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk pernapasan merupakan contoh bahwa keanekaragaman hayati mempunyai nilai …. . A. ilmiah B. biologi C. religius D. ekonomi E. sosial budaya 4. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman … a. varietas b. gen c. speises d. ekosistem e. habitat 5. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat beberapa burung yaitu : 1. Burung gelatik pemakan bulir padi 2. Burung kutilang pemakan serangga 3. Burung pelikan pemakan belut dan keong Ketiga macam burung tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ...... A. genetik B. spesies C. ekosistem D. populasi E. habitat 6. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman … a. varietas b. gen c. speises d. ekosistem e. habitat | |
PREDIKSI | ||
2. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat … A. gen B. spesies C. ekosistem D. gen dan spesies E. gen dan eksosistem |
No comments:
Post a Comment