Saturday, November 28, 2009

Latihan Soal Try-Out 2009/2010 Biologi (III)

1. Berdasarkan gambar jantung di bawah ini, pembuluh yang bertanda X adalah ....

A. aorta
B. arteri pulmonalis`
C. vena cava
D. vena pulmonalis
E. arteri koronaria


2. Fase inspirasi pada ikan terjadi sebagai berikut ....
A. mulut ikan terbuka-air masuk-operkulum membuka
B. mulut ikan terbuka-air masuk-operkulum menutup
C mulut ikan menutup-operkulum terbuka-air keluar
D. mulut ikan menutup-operkulum menutup-air mengalir ke insang
E. mulut ikan terbuka-operkulum membuka-air masuk


3. Pertumbuhan alga yang lebat pada peristiwa eutrofikasi di rawa dapat menyebabkan ikan-ikan mati Hal ini di sebabkan oleh...
A. kekurangan oksigen
B. pembusukan yang berlebihan
C. keracunan karbon monoksida
D. kelebihan nitrogen
E. kurangnya cahaya matahari


4. Jika terjadi 2 kali putaran reaksi siklus Krebs maka akan dihasilkan NADH sebanyak
A. 4 CO2
B. 8 CO2
C. 12 CO2
D. 6 NADH 2 FADH
E. 12 NADH 6 FADH


5. Makanan sehat adalah makanan yang:
1. mengandung cukup kalori,
2. cukup protein,
3. tidak mengandung kuman penyakit,
4. mudah dicerna, dan
5. bentuk dan warnanya menarik,
Komposisi makanan yang bernilai gizi tinggi apabila...
A. 3, 4, dan 5
B. 2 ,3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 1, 2, dan 4
E. 1, 2, dan 3

6. Suatu tanaman yang bentuk bunganya seperti kupu-kupu digolongkan dalam kelompok tumbuhan ...
A. terung-terungan
B. getah-getahan
C. kacang-kacangan
D. rumput-rumputan
E. padi-padian


7. Ada tiga cara pembelahan sel. Pernyataan berikut ini yang menunjukkan hubungan antara cara pembelahan sel dan tujuannya adalah………
A. meiosis untuk memperbanyak sel
B. mitosis untuk membentuk gamet
C amitosis untuk membentuk gamet
D mitosis dan amitosis untuk memperbanyak sel
E. mitosis dan meiosis untuk memperbanyak sel


8. Maka urutan basa RNA duta hasil transkripsi DNA tersebut adalah…….

A. GTU, GTA, GGT
B. CAU, GUA, GGU
C. CTU, CUA, CCA
D. GAU, GUA, GGA
E CAT, GTA, GGT



9. Bila hitam (H) epistasis terhadap kuning (K) yang hipostasis, sedang tiap-tiap dominan terhadap alelanya putih (h dan k), maka penyilangan kacang berkulit hitam Hh kk dengan kacang berkulit kuning hh Kk akan menghasilkan keturunan...
A hitam semua
B hitam dan putih
C hitam dan kuning
D kuning semua
E. hitam, kuning, dan putih


10 Zat yang tidak boleh terkandung dalam urin yang normal adalah ....
A. urea
B. kreatinin
C. asam urat
D. protein
E. amonia


11. Berdasarkan gambar berikut, glomerulus ditunjukkan oleh gambar nomor....

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

12. Gambar sepotong molekul ADN, Yang menunjukkan satu satuan nukleotida adalah...


A. 5 - 6 - 8
B. 4 - 1 - 2
C. 2 - 3 - 7
D. 2 - 3 - 1
E. 1 - 2 - 3

13. Gambar ekosistem air tawar.


Berdasarkan gambar di daerah III terdapat komponen biotik ...
A. herbivor dan dekomposer
B. karnivor dan dekomposer
C. konsumen dan dekomposer
D. herbivor dan karnivor
E. produsen dan konsumen

14, Peryataan di bawah ini merupakan tahapan-tahapan sintesis protein.
1. ARN d bergabung dengan ribosom.
2. ARN d keluar dari nukleus menuju ribosom dalam sitoplasma.
3. Terbentuknya rantai polipeptida.
4. ART t membawa asam-asam amino menuju ARN d di ribosom.
5. ARN d dibentuk dalam inti oleh ADN.
Urutan yang benar dari proses tersebut ialah ...
A. 1- 4- 3- 2- 5
B. 2- 3- 1- 5- 4
C. 4- 5- 2- 1- 3
D. 4- 5- 3- 2- 1
E. 5- 2- 1- 4- 3

15. Gerak refleks sumsum tulang belakang terjadi pada ....
A. gerak lutut
B. gerak pupil
C. gerak kedipan mata
D. gerak bola mata
E. gerak menelan

16. Dari eksperimen Stanley Miller hasil akhirnya terbentuk zat yang disebut…….
A. asam amino
B. asam nukleat
C. asam asetat
D. amonia
E. asam deoksinukleat


17.Serangga yang mengalami partenogenesis dalam daur hidupnya adalah....
A. rayap/anai-anai
B. belalang
C. capung
D. semut
E. kupu-kupu


18. Perhatikan skema siklus hidup tumbuhan paku berikut ini !


Nomor 1, 2, dan 3 adalah………..
A. protonema, anteridium, tumbuhan paku
B. Tumbuhan paku, anteridium, protalium
C. Anteridium, proalium, tumbuhan paku
D. Protalium, tumbuhan paku, anteridium
E. Protalium, anteridium, tumbuhan paku


19.Senyawa-senyawa kimia CO2 yang terkandung dalam sisa pernafasan paling besar dalam bentuk reaksi ....
A. Hb + CO2 - HbCO2
B. CO2 + H2O - H2CO3
C. H2CO3 - H+ + HCO3-
D. HB + CO2 - Karbomino hemoglobin
E. H2O + CO2 - C6H12O6


20. Pencernaan selulosa oleh bakteri/flagellata pada ruminansia berlangsung di bagian ....
A. mulut
B. omasum
C. rumen
D. retikulum
E. abomasum

21. Pada umumnya di tepi pantai banyak tumbuh pohon kelapa. Pertumbuhan pohon kelapa itu didukung dengan adanya kemampuan penyebaran secara....
A. hidrokori
B. anemokori
C. zookori
D. antropokari
E. ornitakori

22 Tujuan utama "Revolusi Hijau" adalah....
A. Memenuhi kebutuhan makanan pokok.
B. Memenuhi kebutuhan pangan.
C. Memperbaiki lahan kritis.
D. Memperbaiki lingkungan perkotaan dan pedesaan.
E. Penggunaan bibit unggul.


23. Manakah perbedaan yang tidak benar mengenai inspirasi dengan ekspirasi berikut ini

A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

24. Ekosistem hutan pantai terdiri dari beberapa formasi, antara lain formasi hutan bakau, formasi pescaprae dan formasi Barringtonia. Tumbuhan yang khas pada formasi hutan bakau yang dasarnya berlumpur adalah ...
A. Avicennia
B. Vigna
C Terminalia
D. Eryhrina
E. Canavalia

25 Gambar di bawah ini menunjukkan siklus Nitrogen.


Bakteri yang dapat mengikat Nitrogen bebas dari udara pada gambar berlabel X adalah ...
A. Nitrosococcus
B. Nitrobacter
C. Theobacillus demitricans
D. Rhizobium
E. Nitrosomonas

26. Suatu sel mempunyai ciri-ciri: bentuk seperti balok, tidak berklorofil dan tersusun rapat, Berdasarkan ciri-ciri tersebut fungsi sel itu adalah...
A. melindungi organ
B.mengangkut air
C. menyimpan makanan
D. pertukaran gas
E. menghasilkan kelenjar


27 Gerak spermatozoid di dalam peristiwa pembuahan pada tumbuhan lumut dan paku disebut .
A. kemonesti
B. kemptaksis
C. fototaksis
D. seismonasti
E.. niktinasti


28 Berikut ini adalah ciri-ciri sel :
1. Bersifat Eukariotik
2. Memiliki vakuola
3. Memiliki dinding sel
4. Memiliki sentriol
5. Memiliki ribosom
Sel hewan memiliki ciri-ciri antara lain ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 2, 3, dan 5

29 Bentuk pada fosil kuda dari zaman eosin yang berbeda dengan kuda sekarang ialah...
A. kepala lebih kecil
B. moncong dan mata berjauhan
C. lehernya lebih panjang
D. geraham muka lebih besar
E. graham belakang lebih besar

30, Untuk memperoleh hasil yang memuaskan petani biasa melakukan seleksi pada bibit tanaman, tetapi kadang-kadang hasil yang didapat sangat berbeda dengan induknya. Untuk mencegah hal ini, maka bibit tersebut harus merupakan hasil suatu ....
A. mutasi
B. modifikasi
C. hibridisasi
D. seleksi
E. domestikasi

31. Sebagai alat ekskresi kulit mengeluarkan ....
A .arginin
B. sitrulin
C. ornitin
D. NaCl
E. urobilin

32. Ditinjau dari bentuk akar , daun, batang dan bunga, maka tanaman yang termasuk famili gramineae adalah.....
(1)Zea mays (jagung)
(2)Imperata cylimdrica (alang-alang)
(3)Saccharum officinarum (tebu)
(4)Kamferia galanga (kencur)
A. Hanya (1), (2), dan (3) betul;
B. Hanya (1), dan (3) betul;
C. Hanya (2), dan (4) betul;
D. Hanya (4) betul;
E. (1), (2), (3),dan (4) betul.

33 .Perhatikan tebel ini


A.2 - 3 - 1
B.2 - 3 - 4
C.2 - 4 - 1
D.3 - 1 - 4
E.3 - 2 - 1

34. Perhatikan tabel ini


Pernyataan di atas yang erat hubungannya dengan evolusi adalah .....
A.unutk menyesuaikan tempat makanan yang tinggi leher jerapah mengalami perubahan
B.jerapah leher pendek terseleksi dan yang berleher panjang dapat melangsungkan hidupnya
C.leher jerapah tidak ada hubungannya dengan evolusi
D.pendapat Lamarck sangat kuat karena adanya perubahan leher jerapah
E.jerapah pendek, keturunannya akan lebih panjang

35.Berdasarkan skema maka diatas yang bernomor 1 dan 2 adalah……..



A.gametosit dan plasmodium
B.gametosit dan ookis
C.plasmodium dan nyamuk
D.plasmodium dan gametosit
E.ookis dan gametosit

Sinopsis Buku-Buku Bahan Ulangan Umum Bahasa Indonesia


SECRET SOCIETIES: 21 Organisasi Perusak Dunia
Pengarang: Michael Bradley
Penerjemah: Ety Triana
Penerbit: Rajut Publishing House



Sejak awal terbit, buku ini ternyata mampu menyita perhatian banyak orang. Terbukti, pada 2009, buku ini sudah mengalami cetak ulang yang keempat (dari tahun 2008). Rasa penasaran adalah hal yang menjadi daya magnet buku ini. Betapa tidak, buku berjudul Secret Societies:Organisasi Perusak Dunia ini hendak membuat penasaran kita, bahwa ada 21 organisasi rahasia yang terbukti telah merusak dunia baik secara lokal maupun inter-lokal dari pelbagai sisi: politik, ekonomi, budaya, dan lain-lain.

Yang dimaksud Secret Societies oleh Michael Bradley—sang penulis buku ini—adalah sekumpulan organisasi sosial maupun (atas nama) keagamaan di seluruh dunia dari masa ke masa yang mewajibkan anggota-anggotanya untuk menyembunyikan aktifitas-aktifitas tertentu dari orang luar seperti ritual inisiasi atau upacara perkumpulan. Anggota-anggotanya mungkin diwajibkan untuk menyembunyikan atau menyangkal keanggotaan mereka dan sering disumpah untuk menjaga rahasia perkumpulannya. Biasanya, mereka identik dengan rencana-rencana politis;pembentukan pemerintahan global atau apa yang disebut dengan Tata Dunia Baru (The New World Order – NOW). Ciri khas mereka adalah mencari keuntungan untuk dirinya sendiri dengan pelbagai cara, meski dengan cara kotor sekalipun.

Bradley menulis buku ini dengan maksud agar masyarakat dunia mengenal komplotan – komplotan rahasia paling berbahaya di dunia. Merekalah para pengendali ekonomi, politik dan seluruh isu – isu global internasional. Secara kasat mata, komplotan itu menampilkan diri moderen dan terhormat di mata publik, namun berbeda dengan pekerjaan mereka sebenarnya.

Organisasi-organisasi yang mereka susun sangat rapi. Mereka memulai menjajah dan meneror, melalui politik, ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan seterusnya. Keduapuluh satu organisasi yang dimaksud adalah The Assasin, The Bilderbergers, The Bohemian Club, The Club of Rome, Council on Foreign Relations (CFR), Essex Junto, Freemasonry, The Golden Dawn, The Illuminati, Knight Templar, Ku Klux Klan, Mafia, Majestik-12 The Aviary and The Aquarium, Mensur, Opus Dei, The Order of Skull and Bones, Sionus Prioratus, The Rosicrucians, The Round Table, Triad, dan Trilateral Commision.

The Assasin (abad 12-13), misalnya, sebuah organisasi yang berasal dari Syiria namun kekuasaannya meliputi negara-negara Islam di timur tengah. Organisasi ini disebut Nizariyah, karena mereka berusaha mengembalikan pangeran Nizar Al-Toyyib (dianggap sebagai reinkarnasi Nabi Ismail) ke tahta kekuasaan Mesir. Komplotan ini mulai disebut The Assasin karena mulai mencuci otak para pemuda untuk diperbudak dengan menempatkan mereka di istana layaknya surga dunia. Untuk mendapatkan kenikmatan surga tersebut mereka halalkan segala cara dan rela meski nyawa sebagai taruhannya. Pengaruh Assasin menyebar ke seantero jagad hingga pertengahan abad 13.

Jika The Assasin dan beberapa organisasi lainnya seperti The Bohemian Club, The Club of Rome, Essex Junto, The Golden Dawn, Ku Klux Klan eksis pada abad yang lampau, sedang—sekadar menyebut—The Bilderbergers, CFR (Council on Foreign Relationship), Freemasonry dan Trilateral Commission adalah beberapa organisasi yang eksis pada masa kini. Keempat organisasi ini memiliki hubungan erat dan saling berelasi. Mereka menguasai minyak & mineral dunia, bank sentral dunia, media massa, teknologi persenjataan, dan penguasaan pangan.

Menurut Bradley, anggota organisasi The Bilderbergers adalah orang-orang penting dalam pemerintahan di Eropa dan Amerika, seperti Bill Clinton mantan presiden AS, Pangeran Charles, Ratu Sophia dari Spanyol, Ratu Beatrix dari Belanda, keluarga Rockefeller Amerika dan Rothschild Eropa.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1968 dan merupakan salah satu organisasi terbesar di dunia. Ada yang menyebutnya komplotan elit rahasia yang berambisi menguasai dunia. Untuk menjalankan misi, mereka berkedok "kerja sama" yang didukung oleh kalangan elit dunia, Bank Dunia hingga Dana Moneter Internasional (IMF).

Banyak hal yang terjadi di dunia, termasuk di Indonesia—krisis ekonomi, pergantian rezim, perang, dan lain sebagainya—tak lepas dari peran kelompok rahasia ini. Semua ini demi memantapkan hegemoni mereka.

Menurut hasil penelusurannya, komplotan Bilderberg ini tidak punya nama dan eksistensi resmi. Mereka beranggotakan politisi elite dunia yang berjumlah 100 orang lebih; terdiri dari para pakar keuangan internasional, bos-bos internasional, para pemimpin politik dan keluarga-keluarga kerajaan Eropa.

Contohnya Bill Clinton. Saat masih menjadi gubernur, dia dijadikan alat organisasi ini guna menaklukkan North America Free Trade Agreement (NAFTA). Untuk itu, Clinton terpilih sebagai presiden AS. Mereka juga pernah menjebak Uni Soviet dengan bantuan finansial. Kompensasi yang harus dibayar adalah Uni Soviet menyerahkan sumber daya alam. Hal ini juga diterapkan pada negara-negara berkembang. Tujuan mereka agar negara-negara dunia ketiga lumpuh dan bergantung total kepada mereka. Setelah mendapat pinjaman dana dari IMF, penduduk negara-negara berkembang menjadi hamba sahaya abadi untuk melayani kepentingan mereka. Bukankah hal ini menjadi kenyataan pada masa kini, termasuk Indonesia?

Harus diakui informasi keduapuluh satu organisasi yang didapat dari buku ini memang tidak terlalu banyak. Ulasannya kurang mendalam. Oleh karena itu, buku ini hanya menjadi semacam pengantar saja, tak lebih. Secara tematis, buku ini pun kurang lengkap, karena tidak mencantumkan beberapa secret societies yang juga berpengaruh seperti: Jesuit, Zionist, CIA, MI-5, MI-6, MOSSAD, dan KGB.

Meski begitu, buku ini dapat dipercaya informasinya. Bahkan, di akhir halaman buku ini, penulis menantang pembaca untuk mengumpulkan semua alasan, jika tak satupun fakta isi buku ini benar. Sebab, buku ini ditulis dengan menggunakan riset dan penelitian yang matang. Ditambah dengan ilustrasi-ilustrasi yang relevan dengan masing-masing organisasi yang disebutkan tersebut.





INCEST: Kisah Kelam Kembar Buncing
Pengarang: I Wayan Artika
Penerbit: Interpre Book
Tahun terbit: 2008
Tebal: 268 halaman


Sebuah novel penuh polemik. Pasalnya, cerita yang diangkat dari kisah nyata ini berbenturan dengan etika adat yang dianut oleh salah satu desa di Bali.
Perkawinan sedarah yang telah menjadi tema sentral dalam novel ini sempat menjadi kecaman kepala suku, para aparat dan warga desa. Isinya, diindikasi membuka aib kebiasaan ritual yang sangat sakral dan vulgar menelanjangi serta menghina budaya tradisional di sana.
Dua insan yang lahir dalam satu rahim itu, dipaksa untuk menikah ketika menginjak dewasa. Pergulatan terjadi. Pergolakan batin mereka ingin mendobrak kultur klasik itu berkecambuk. Dan, disitulah klimaks ceritanya terjadi. Pertentangan yang dibarengi dengan niat melakukan perubahan menjadikan kisah dalam novel ini lebih berani. Kritis dan terkesan tampil sebagai pecut pendobrak adat kuno yang salah.





RICH DAD POOR DAD
Pengarang: Robert Kiyosaki & Sharon L. Lechter
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 2004





Buku ini berisi pengetahuan tentang finansial yang mudah dimengerti dengan konsep-konsep sederhana yang ditawarkan tentang hakikat uang. Buku ini juga mengubah pandangan kita tentang kemakmuran yang orang awam biasa menyebutkan dengan banyak uang. Banyak uang bukan berarti makmur, tapi orang yang bisa membuat uang dapat bekerja untuk dia adalah orang yang makmur. Tujuan yang ingin disampaikan dalam buku ini adalah "Bagaimana membuat uang bekerja untuk kita." Dalam buku ini dibedakan secara tegas antara kewajiban( liabilitas) dan asset. Asset secara sederhana adalah sesuatu yang menaruh atau memasukkan uang ke dalam saku sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari saku.Buku ini membahas juga tentang mengapa kita harus melek belajar melek finansial dalam hal ini berarti kemampuan untuk membaca dan memahami hal-hal yang berhubungan dengan masalah finansial/keuangan dan bagaimana memandang bahwa bekerja itu adalah suatu pembelajaran dan diharapkan kita jangan bekerja untuk uang. Hambatan- hambatan yang sering dialami oleh para pebisnis juga dibahas disini yaitu ketakutan, sinisme, kemalasan kebiasaan buruk dan arogansi serta cara untuk mengatasinya. Buku ini juga mengkritisi tentang sistem pendidikan sekarang. Sistem pendidikan saat ini tidak mampu mengikuti laju perubahan global dan teknologi di dunia sekarang ini dan cenderung mengajarkan kita untuk menjadi pekerja yang baik bukan pebisnis yang handal. Penyampaian konsep-konsep finansial dalam buku ini sangat mudah dimengerti karena banyak diselingi oleh cerita-cerita.Rich Dad, Poor Dad adalah alat pendidikan untuk setiap orang yang tertarik untuk menjadikan pendidikan dan posisi finansialnya menjadi lebih baik


When I was growing up I had two dads. One was a highly educated teacher with a PHD (Poor Dad), the other never finished the Eighth Grade (Rich Dad). Both fathers had conflicting views on money. One Dad would say "I can't afford it" while the other would ask: "how can I afford it?" Here is what I learnt from them.


THE RICH DON'T WORK FOR MONEY


When I was 9 my best friend, Mike, and I were tired of other kids not wanting to play with us because we were 'poor kids'. When we asked Mike’s dad (Rich Dad) how to make money he agreed to teach us.

Rich Dad put us to work dusting cans in one of the corner stores he owned. The pay (10 cents a week) wasn't much. After 3 weeks dusting and not learning anything I decided to quit. I saw Rich Dad and demanded a pay increase. I told him that he wasn't keeping to the bargain and teaching us about money. He disagreed. In 3 weeks I was already sounding like his employees, he said. Life pushes you around, he said. 'Some people just give up and quit every time life pushes them. Others take the opportunity to learn'.

"Most people are afraid of not having any money. That's why they take a low paying job. Some people say I exploit my employees but they really exploit themselves." He convinced me I had a good opportunity to learn so I agreed to keep working. "Good," he said, "But his time you'll work for nothing."


I worked for 3 weeks with no pay when Rich Dad came by. He told us how most people let their emotions do their financial thinking rather than their brains. When it comes to money most people are driven by the emotions of fear (not having enough money) and desire (to have nice things). You must always acknowledge your emotions, but don't let them do your thinking. He offered us a huge raise, which we declined. He could see we had overcome our desire by not accepting the larger pay, and we had also overcome our fear by working for nothing. This was good. We now needed to use our eyes to look for opportunities.


A couple of weeks later I noticed the lady who managed the store cutting the cover off some comic strips and throwing away the comics. Mike and I set up a comic library for the local kids in a room at Mike's house. We charged kids 10 cents to enter the library and paid Mikes sister $1 a week to mind it. After a while we were averaging $9.50 a week.



FINANCIAL LITERACY


If you want to be rich you need to develop financial literacy. Even the difference between an asset and a liability is often confused. An asset earns you money and a liability burns your money. When you put money into assets such as stocks, bonds and investment properties you can earn money or income from them. Poor dad saw them as liabilities.


Liabilities are things that cost you money. A car loses 25% of its value the day you drive it off the lot. In addition, you have many other expenses such as loan repayments, insurance, registration, running and maintenance costs.


The rule is that if you want to get rich, put your money into income earning assets. This doesn't mean not to buy a home or car - just think don't think of them as assets.


Lets look at the cash flow of the rich, middle class and poor. The poor tend to spend all of their money on living expenses, (food, clothes taxes etc) regardless of what their income is. Everyone has living expenses but the poor spend all of their money on them. The middle class tend to spend most of their money on liabilities such as credit card debt, personal loans and mortgage repayments. While the rich also have living expenses and liabilities they focus their money on purchasing income-producing assets.

Wealth is not so much about your level of income but your pattern of spending. Even people with relatively high incomes can easily find themselves struggling or broke. And people who win big in lotto usually find that after a couple of years they are back to where they started.


If you want to change your financial circumstances you need to change your pattern of spending. If you find yourself in a hole - stop digging.



MIND YOUR OWN BUSINESS


Most people who continue to struggle financially rely on their weekly paycheque. Job security is now a thing of the past and shouldn't be relied on. You have to start minding your own business. By this I don't mean throwing in your day job, but start building assets.


In my early days I worked on a commission basis at Xerox selling photocopiers. I used the money I made to purchase real estate. Within 3 years the income I was earning from real estate was greater than what I could earn selling photocopiers.


The rich focus on increasing their assets while everyone else focuses on increasing their income. But when your income increases so do your expenses and liabilities. Most people rush out and purchase expensive consumer goods, home entertainment systems, cars, clothes, holidays, as soon as they can. The rich deliberately delay doing this until they have a good portfolio of assets bringing in a steady income.



TAXES

It wasn't until 1874 and 1913 that England and the United States respectively introduced permanent income taxes on their citizens. Initially it was levied only against the rich but it soon trickled down to the middle class and the poor.


The rich have never sat around waiting to be taxed but have made sure they conduct research to find where the best tax advantages lie. And often these tax advantages are available to everyone but it is the rich who are 'minding their own business' and making use of all the tools and opportunities that are available to them.


The poor and middle class don't do much financial research. Many people today still don't the legitimate tax deductions they can make, for instance and suffer because of it. You need to gain financial literacy in order to understand how to best use your money and make it work for you.



THE RICH INVENT MONEY


Self confidence is one of the biggest things that hold us back in life. Boldness is the thing that gets us ahead, financially and otherwise. And we all possess at least some of it. If you want to succeed to financially we need courage to take risks and not cling to what we think is secure.


The more we develop our financial IQ the more options we have available to us. For example, in the early 1990s the economy in Phoenix was terrible. People were going bankrupt. Houses that were once $100,000 were going for $75,000. In the bankruptcy courts I was able to pick up these same houses for $20,000 or less. I would quickly resell these properties for $60,000 making a $40,000 profit. I did this 6 times and made $190,000 in profit and the total amount of time it took was only about 30 hours.


Think about how long it would take to save $190,000 out of your income and how much it would cost you in taxes to save it. This proves that no matter what the economic climate you can always succeed if you have good financial intelligence. This is just one example of the many different transactions I made on the way to financial success.



WORK TO LEARN - NOT FOR MONEY


There are many skills you must master in order to be successful. The most important skills are in the areas of sales, PR, marketing and advertising.


A journalist I met wanted to become a best selling author. She had written some good novels but nothing had happened. I told to her to take a course in sales. She was offended at this suggestion and said she would not stoop so low as to do anything in sales. I pointed out that she was already a good writer. However, she would need sales skills to become a best-selling author.


It is important to find employment where you will learn a lot of different skills even if it means earning less in your take home pay. When I graduated I went into the Merchant Marines. This taught me much about international trade. I then joined the Marine Corps in order to learn about leadership. I left there to join Xerox where I learnt to sell.


Take the long term approach. Find employment where you can learn these skills, even if it means taking a second job.

OVERCOMING OBSTACLES

There are four main steps once you overcome the obstacles.

Fear. Nobody likes losing money. However if you can't handle your fear about it you won't be able to make any. One of the most common reasons for lack of financial success is that people play it too safe. One thing you can try and do is to think like a Texan. They live their life big. They either win big or they lose big. There is a saying that "everyone wants to go to heaven but nobody wants to die".
Overcome cynicism. Don't listen to cynicism from yourself or others. Especially don't take advice from someone who hasn't done what you want to do. Many people give advice on things they know nothing about. Don't let this influence you.
Laziness. People can be lazy in a number of ways. Some people keep themselves busy doing everything but the one thing they need to do. A good way to overcome this is to enlist the emotion of greed. Think about all the things you can have and do once you've achieved your financial goals.
Habits. Create good habits especially in the area of money. Pay yourself (in savings or investments) first before you do anything else with your money.


GETTING STARTED

These are the steps I suggest you follow to awaken your financial genius:

1. You need a big dream. Some thing that is strong and will drive you to success.
2. Use the power of choice. For example, you could sit at home and watch TV all day or you could take a course in financial planning. The choice is yours
3. Choose your friends carefully. Choose people who have great personal characteristics that you admire.
4. Keep learning. The world is changing rapidly. What may have worked yesterday might not work today.
5. Pay yourself first. Spend money on assets before you do anything else with your pay cheque.





GO ASK ALICE: Buku Harian Seorang Remaja Pecandu Narkoba
Pengarang: Anonim
Tebal: 187 halaman
Penerbit: Gramedia


Buku ini ditulis berdasarkan buku harian seorang gadis remaja berusia lima belas tahun yang ditemukan tewas akibat jeratan obat-obat terlarang.Tak mudah baginya keluar dari dunia gelap yang amat menakutkan, penuh nista dan derita. Cengkeraman obat terlarang membuatnya terpaksa kabur dari rumah, menjalani seks bebas, bahkan tega menjadi pengedar untuk anak-anak Sekolah Dasar.Kasih sayang dan dukungan keluarga serta kemauan kuat untuk sembuh harus melawan godaan kenikmatan yang ditawarkan obat terlarang dan kekejaman teman sesama pemakai yang sempat menjebloskannya ke rumah sakit jiwa.Buku hariannyalah yang membuatnya tetap waras sampai akhir hayatnya.Bacalah buku ini, dan temukan dunia mencekam yang menerkam Alice.





A CHILD CALLED IT
Judul Buku: A Child Called It
Pengarang: Dave Pelzer
Penerbit: Gramedia


Dewasa ini kita sering mendengar peristiwa child abuse penyiksaan anak. Tetapi apa dan bagaimana sesungguhnya yang dialami dan diderita oleh anak yang menjadi korbannya? Buku ini membuka wawasan kita, mencerahkan dan mendidik. David mengajak kita ikut mengalami rasa takutnya, rasa kekalahannya, rasa kesendiriannya, rasa sakitnya, dan rasa marahnya, sampai pada harapan terakhirnya. Seorang anak yang hanya dianggap ” It “. Dengan masuk ke dalam alur itu, menjadi jelas bagi kita betapa menyakitkannya dunia gelap yang diderita anak-anak korban child abuse. Bahkan secara lebih detail, kita bisa merasakan tangisan anak-anak itu melalui mata, telinga, dan badan David Pelzer. Dengan membaca buku ini kita juga bahkan bisa merasakan keteguhan hati David untuk keluar dari siksaan yang tak kunjung henti menuju kemenangan.
Buku ini bukan buku baru, kira – kira terbit sekitar tahun 2002, tapi sampai saat ini buku ini tetap menjadi salah satu buku yang dicari…mungkin ketika membaca ini satu pertanyaan yang akan selalu timbul di benak kita “ Apa mungkin ?”. Suatu tindakan yang kadang tidak masuk akal tapi bias saja terjadi.
Dalam buku ini kita akan melihat sifat manusia lainnya di luar sana yang mungkin merupakan hal yang tidak biasa bagi orang yang berpikir normal dan sehat. Kita akan menelusuri mengapa seorang anak kecil bisa disamakan artinya dengan ” It “.Perasaan sedih, ngilu, perih dan tak percaya akan kita rasakan ketika membaca ini.

Tuesday, November 24, 2009

Latihan Soal Try-Out 2009/2010 Biologi (IV)

1. Untuk mengetahui penyebab dan cara menjangkitnya penyakit malaria Charles Laveran dan Ronald Ross menggunakan metoda ilmiah, karena mereka ….
a. mendapatkan masalah
b. melaksanakan eksperimen
c. mengajukan hipotesis
d. menarik kesimpulan
e. melaksanakan observasi

2. Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukkan cirri-ciri : berakar tunggang, tidakn berbunga sejati, berdaun, batang bercabang, bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari dalam strobilus jantan, maka tumbuhan tsb. dapat di golongkan ke dalam ….
a. Alga
b. Micota
c. Thallophita
d. Gymnospermae
e. Angiospermae

3. Perhatikan gambar bentuk bakteri berikut ini !


Kelompok bakteri streptococcus ditunjukkan pada nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

4. Perhatikan diagram siklus hidup jamur berikut ini.
Bagian yang berlabel X adalah ….
a. Askus
b. Askuspora
c. Basidium
d. Basidiospora
e. Miselium

5. Suatu badan tempat berkumpulnya sporangium dan jika masih muda dilindungin oleh indusium adalah ….
a. Sorus pada tumbuhan paku
b. Sporagonium
c. Sporofit pada tumbuhan lumut
d. Strobilus pada tumbuhan gymnospermae
e. Makrofil pada tumbuhan paku

6. Parasit berikut ini hanya hidup dalam plasma darah yaitu ….
a. Plasmadium
b. Trypanosome
c. Taenia
d. Fasciola
e. Necator

7. Urutan metamorfosis sempurna pada insekta adalah ….
a. larva – pupa – telur – imago
b. telur – larva – pupa – imago
c. pupa – larva – nimfa – imago
d. telur – larva – nimfa – imago
e. larva – telur – pupa – imago

8. Tumbuhan lumut yang sehari-hari tampak berwarna hijau adalah bagian ….
a. Sporofit
b. Gametofit
c. Protonema
d. Protolium
e. Sporofil

9. Di padang rumput hidup kelompok kambing dan harimau. Jika predatornya sangat aktif maka setelah terjadi penurunan konsumen primer, akan terjadi ….
a. Penurunan populasi rumput dan harimau
b. Peningkatan populasi rumput dan kambing
c. Peningkatan populasi rumput dan harimau
d. Penurunan populasi harimau dan peningkatan populasi kambing
e. Peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimau

10. Yang dimaksud dengan rantai makanan detritus adalah ….
a. Padi – Tikur – Ular
b. Bangkai hewan – Belatung – Kodok – Ular
c. Padi – Tikus – Bangkai hewan – Belatung – Kodok
d. Kodok – Belatung – Bangkai hewan
e. Padi – Tikus – Kodok – Ular

11. Aktivitas manusia yang tidak menimbulkan gangguan keseimbangan lingkungan adalah ….
a. pertanian organic dan hidroponik
b. menjarinmg ikan dengan system pukat harimau
c. kultur jaringan dan radiasi induksi
d. rotasi tanaman dan pembakaran hutan
e. lading berpindah dan pertanian monokultur

12. Jaringan yang bertugas sebagai penyelenggara transportasi zat adalah ….
a. Parenkim & Kolenkim
b. Parenkim & Sklerenkim
c. Kolenkim & Klorenkim
d. Klorenkim & Sklerenkim
e. Xylem & Floem

13. Di bawah ini cirri-ciri jaringan otot, yang merupakan cirri jaringan otot polos adalah :
1. Inti satu di tengah
2. Inti satu dipinggir
3. Sel bergaris dan bercabang
4. Sel berbentuk lonjong
5. Kerja menurut kehendak
6. Kerja diluar kehendak
a. 1 , 3 , 6
b. 2 , 3 , 5
c. 1 , 4 , 6
d. 2 , 4 , 6
e. 2 , 4 , 5

14. Gerak membuka dan menutupnya stomata karena pengaruh ….
a. Cahaya
b. Air
c. Suhu
d. Enzim
e. Betul semua

15. Pada percobaan perendaman pangkal batang yang telah dipotong dalam larutan eosin dapat dipastikan jaringan yang lebih dahulu berwarna merah adalah ….
a. Floem
b. Xylem
c. Epidermis
d. Parenkim
e. Sklerenkim

16. Perhatikan proses pembentukan energi di bawah ini
Energi yang digunakan langsung untuk kontraksi otot adalah nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

17. Perhatikan bagan percobaan di samping ini :
Yang akan terjadi pada percobaan tsb. adalah
permukaan …..
a. X berkurang karena hipertonis
b. X bertambah karena hipotonis
c. X dan Y tetap
d. Y bertambah karena hipertonis
e. Y berkurang karena hipotonis

18. Sistem peredaran dasar pada ikan adalah ….
a. Terbuka, tunggal
b. Terbuka, ganda
c. Tertutup, tunggal
d. Tertutup, ganda
e. Salah semua

19. Sel-sel darah berikut yang menurun jumlahnya ketika seseorang menderita penyakit demam berdarah adalah ….
a. Eritrosit
b. Leukosit
c. Trombosit
d. Monosit
e. Eosinofil

20. Jika kita merasa lapar, maka itu berarti bahwa ….
a. Kadar gula darah menurun
b. Produksi asam lambung meningkat
c. Kontraksi usus meningkat
d. Protein dalam darah menurun
e. Lumen usus kosong

21. Dari hasil uji urine seseorang diperoileh data sbb. :
No. Perlakuan Hasil Hasil Pengamatan
1. Urine + Biuret Warna Biru
2. Urine + Fehling A + Fehling B dipanaskan Warna merah bata
3. Urine + Perak nitrat Endapan putih
4. Urine dipanaskan Bau amoniak
Berdasarkan data tsb. dapat disimpulkan bahwa orang tsb. ……..
a. Tidak ada kelainan
b. Menderita albuminuria
c. Terjadi gangguan pada filtrasi
d. Ada infeksi pada saluran kemih
e. Terjadi gangguan pada kantung kemih

22. Fungsi hati selain untuk menyimpan gula, perombakan protein dan perombakan sel darah merah, juga berfungsi untuk ….
a. menyimpan protein
b. menawarkan racun
c. memperlancar peredaran darah
d. mengangkut sari makanan
e. membentuk asam belerang

23. Tujuan pemberian pil KB adalah .....
a. menghambat lajunya sperma
b. menghambat pertumbuhan embrio
c. mematikan sperma yang datang
d. menghambat ovulasi
e. mematikan zigot

24. Perhatikan sel neurin berikut ini !
Nama-nama bagian nomor 2, 3
dan 4 adalah .....
a. dendrit, neurit dan selubung schwan
b. dendrit, neurit dan selaput myelin
c. dendrit, neurit dan badan sel
d. reseptor, dendrit dan akson
e. akson, badan sel dan ujung neurit

25. Perhatikan gambar penampang melintang sumsum tulang belakang berikut !
Bila terjadi gerak refleks, jalan
Yang dilalui oleh impuls saraf
adalah .....
a. 1-2-3-4-5
b. 1-3-4-5-6
c. 1-2-3-5-7
d. 1-2-4-5-6
e. 1-2-5-6-7

26. Lisosom adalah organel yang hanya terdapat pada sel hewan yang berfungsi untuk...
a. menguraikan zat hasil pencernaan
b. mensintesa enzim hidrolitik
c. menyimpan hasil fotosintesa
d. membawa sifat keturunan
e. melakukan sintesa protein

27. Teori sel yang menyatakan bahwa sel merupakan unit struktural, pertamakali diusulkan oleh ....
a. Felix Dujardin
b. Robert Hooke
c. Robert Brown
d. Scheiden dan Schwan
e. Rudolf Virchoro

28. Pembelahan sel secara meiosis dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1. Kromosm homolog yang berada pada equator bergerak memisahkan diri
2. Masing-masing kromosom menuju kutub yang berlawanan
3. Benang spindel dan seluruh isi sel agak memanjang
Kegiatan di atas adalah termasuk fase ....

a. Metafase I
b. Metafase II
c. Anafase I
d. Anafase II
e. Interfase


29. Tes amilum untuk menguji hasil fotosintesa dilakukan terhadap daun tumbuhan hijau, sebab ....
a. Fotosintesis hanya terjadi di daun
b. Pada daun terdapat banyak stomata
c. Bahan baku fotosintesa terdapat di daun
d. Daun terkena cahaya matahari langsung
e. Daun menagndung klorofil; paling banyak



30. Suatu enzim yang terdapat pada hati dengan konsentrasi tinggi bekerja pada peroksida air dengan menghasilkan air dan oksigen adalah enzim ....
a. Peroksidase
b. Amilase
c. Protease
d. Katalase
e. Dehidrase

31. Bila dalam tahap siklus Krebs dihasilkan 8 NADH2 dan 2 FADH2, maka setelah melalui transfer elektron akan dihasilkan ATP sebanyak ....
a. 10
b. 20
c. 28
d. 30
e. 22

32. Kromosom sel somatik wanita normal terdapat ....
a. 22 autosom + x
b. 23 autosom + x
c. 22 pasang autosom + xx
d. 23 pasang autosom + xx
e. 22 pasang autosom + x

33. Bila pada komposnen penyusun ADN pada rantai sensenya adalah :
ATA – GSA – TTT – TAT, dengan menggunakan kodon dibawah ini maka jenis polipepsida yang terbantuk adalah .....










34. Gambar berikut adalah 1 molekul nukleolita



Secara berurutan no. 1 , 2 dan 3 dari rangkaian tsb. adalah ....
a. Gula – Fosfat – Pasanitrogen
b. Fosfat – Gula – Basa nitrogen
c. Gula – Basa nitrogen – Fosfat
d. Fosfat – Basa nitrogen – Gula
e. Basa nitrogen – Gula – Fosfat

35. Bila sepasang tikus dikawinkan dan menghasilkan keturunan 1 ekor tikus hitam dan 1 ekor tikus putih, diketahui sifat hitam dominan terhadap putih, maka genotip parentalnya adalah ....
a. Homozigot dominan & homozigot resesif
b. Homozigot dominan & heterozigot
c. Homozigot dominan & homozigot dominan
d. Heterozigot & homozigot resesif
e. Heterozigot & heterozigot


36. Tanaman kacang tinggi dominan terhadap pendek, warna merah dominan terhadap putih. Jika tanaman kacang bergenotip heterozigot disilangkan dengan sesamanya, maka diharapkan mendapat keturunan dengan perbandingan ....
a. 3 tinggi merah ; 1 pendek putih
b. 1 tinggi merah ; 1 pendek putih
c. 3 tinggi putih ; 1 pendek merah
d. 9 tinggi merah ; 3 tinggi putih ; 3 pendek putih ; 1 pendek merah
e. 9 tinggi merah ; 3 pendek merah ; 3 tinggi putih ; 1 pendek putih

37. Bila semangka buah besar tidak manis (BBmm) disilangkan dengan semangka buah kecil manis (bbMM). Jika F1 yang dihasilkan disilangkan dengan sesamanya, maka pada F2 yang mempunyai sifat lebih baik ada ....
a. 6,25 %
b. 12,5 %
c. 18,75 %
d. 25 %
e. 56,25 %

38. Andaikan seorang pria mengandung gen terpaut sek dalam kromosom Xnya, maka sifat itu akan diwariskan pada ....
a. 25 % anak laki-lakinya
b. 50 % anak laki-lakinya
c. 50 % anak perempuannya
d. 100 % anak perempuannya
e. 100 % anak laki-laki

39. Berdasarkan diagram di bawah, macam perubahan gen yang terjadi adalah ....
a. Inversi
b. Delesi
c. Katenasi
d. Translokasi
e. Duplikasi

40. Sebuah sel memiliki susunan kromosom sbb.
a. Sel tersebut mengalami mutasi.....
b. monoploid
c. monosomik
d. monosomik ganda
e. triploid
f. trisomil

41. Omne vivum ex ovo, omne ex vivo adalah suatu pernyataan yang menjelaskan bahwa .....
a. Kehidupan selalu berasal dari organisme yang bertelur
b. Semua kehidupan berasal dari kehidupan sebelumnya
c. Tidak ada kehidupan tanpa telur
d. Sebelum ada kehidupan, harus ada telur dahulu
e. Kehidupan berasal dari benda mati

42. Paruh burung Finch yang bentuk dan ukurannya berbeda-beda terjadi karena keadaan di bawah ini, kecuali ....
a. Adaptasi
b. Seleksi alam
c. Mutasi
d. Variasi
e. Morfologis
7
43. Berikut ini disajikan sejumlah organ pada vertebrata yaitu :
1. sirif anjing laut
2. sayap kelelawar
3. kaki depan kuda
4. sayap pada capung
5. sayap pada burung
6. tagan manusia
Pasangan organ yang analog adalah ....
a. 1 & 3
b. 2 & 5
c. 4 & 5
d. 1 & 6
e. 3 & 6

44. Penemuan fosil pada berbagai lapisan bumi yang dapat menerangkan adanya evolusi dengan jelas adalah fosil ....
a. kuda
b. kera
c. manusia
d. dinosaurus
e. jerapah

Perhatikan penjelasan berikut untuk Nomor 45 s.d Nomor 47.
Disuatu sungai terdapat populasi ikan berjumlah 2000 ekor dari jumlah tsb. Ada 720 ekor yang berwarna putih (hh) yang lainnya berwarna hitam. Pada komposisi ini ikan berwarna putih tidak diminati oleh lawan jenisnya.

45. Frekuensi gen H adalah ....
a. 1 %
b. 6 %
c. 0,06 %
d. 0,6 %
e. 0,4 %

46. Jumlah ikan hitam heterozygot adalah ....
a. 320
b. 360
c. 750
d. 800
e. 960

47. Frekuensi genotif setelah perkawinan adalah .... (HH ; Hh ; hh)
a. 16 % ; 48 % ; 36 %
b. 36 % ; 48 % ; 16 %
c. 39 % ; 47 % ; 14 %
d. 14 % ; 47 % ; 39 %
e. 25 % ; 50 % ; 25 %

48. Seekor hewan jenis mamalia berukuran besar, berambut coklat, anak dibesarkan dalam kantung di bagian depan perut induknya terdapat di kawasan ....
a. Oriental
b. Austalian
c. Paleartik
d. Ethiopian
e. Neartik


49. Perolehan bibit unggul dapat dilakukan melalui cara ....
a. Seleksi, yaitu menyambungkan gen ke dalam gen lainnya
b. Mutasi, yaitu menyambungkan dua varietas yang berbeda
c. Mutasi, yaitu mengubah struktur ADN
d. Transplantasi gen, yaitu mengubah struktur kimia mol gen (DNA)
e. Hibridisasi, yaitu varietas yang bermutu

50. Pengembangan bioteknologi juga sangat membantu memecahkan masalah lingkungan. Hal ini terlihat dari kenyataan bahwa mikroba ....
a. dapat membentuk vaksin
b. menghasilkan oksigen
c. menjaga keasaman tanah
d. dapat mengekstrak logam
e. membantu pembentukan minyak

Prediksi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN 2010 Biologi

SKL 1.
- Menjelaskan konsep-konsep- keanekaragaman hayati, prinsip prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alambagi kehidupan.
- Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
- Menjelaskan kunci determinasi sederhana
- Menhelaskan tata nama binomial organisme
- sistem klasifikasi keanekaragaman hayati di Indonesia


SKL 2.
- Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi
kehidupan.
- Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia
- Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji
- Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata

SKL 3.
- Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan.
- Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
- Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia

SKL 4.
- Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
- Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya
- Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.
- Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya

SKL 5.
- Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya
- Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia
- Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya


SKL 6.
- Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta
kelainan/penyakit yang mungkin terjadi.
- Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya
- Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

SKL 7.
- Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses Pertumbuhan dan perkembangan
yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan.
- Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
- Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
- Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak)

SKL 8.
- Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.
- Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.
- Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan kromosom
- Menjabarkan proses sintesis protein
- Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
- Mendeskripsikan hukum Mendel dan system persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel

SKL 9.
- Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada
salingtemas.
- Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contohcontohnya
- Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
- Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi

SKL 10.
- Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains.
- Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi
- Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan

SKL 11.
- Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan.
- Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh-contohnya



Prediksi SKL

NO

SOAL

1

SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati Indonesia


1. Di Kebun Raya Bogor terdapat papan yang bertuliskan Gymnospermae, Gnetales, Gnetinae, Gnetum gnemon pada sebuah pohon. Data tersebut menunjukan urutan dari .... .III/1

a. divisio, kelas, familia, genus

b. divisio, familia, genus, spesies

c. subdivisio, klas, familia, genus

d. subdivisio, klas, ordo, spesies

e. subdivisio, ordo, familia, spesies


2. Nama ilmiah tomat adalah Solanum licopersicum sedangkan kentang adalah Solanum tuberosum, kedua tanaman ini …. .

a. spesies sama, varietas sama

b. spesies beda, varietas sama

c. spesies sama, genus berbeda

d. genus sama, spesies berbeda

e. berbeda spesies maupun genus


3. Kunci dikotom filum Arthropoda : I/1

1a. Tubuh terbagi menjadi menjadi kepala, dada dan perut ............. Insekta

1b. Tubuh tidak terbagi menjadi kepala, dada dan perut ................. 2

2a. Tubuh terbagi menjadi kepala dada bersatu dan perut ............................. 3

2b. Tubuh terbagi menjadi kepala dan badan beruas-ruas ....................... 4

3a. Pada kepala dada terdapat 4 pasang kaki ................................. Arachnida

3b. Pada kepala dada terdapat 5 pasang kaki jalan ........................ Crustacea

4a. Badan pipih beruas-ruas, tiap ruas terdapat 1 pasang kaki....... Chilopoda

4b. Badan gilig beruas-ruas , tiap ruas terdapat 2 pasang kaki........ Diplopoda

Kelabang atau lipan yang sedang diamati seorang siswa mempunyai ciri-ciri .........

a. 1a, 2b, 3a, 4b

b. 1b, 2a, 3a, 4a

c. 1b, 2b, 3b, 4b

d. 1b, 2b, 4a

e. 1b, 2a, 3b


4. Nama ilmiah tumbuhan durian adalah Durio zibethinus, menurut aturan binomial nomenklatur kata zibethinus menunjukkan .......

A. nama spesies

B. nama genus

C. penunjuk spesies

D. penunjuk genus

E. keterangan genus


5. Menurut binomial nomenklatur penulisan nama ilmiah tumbuhan padi adalah ........

A. ORYZA SATIVA

B. Oryza Sativa

C. Oryza-Sativa

D. Oryza sativa

E. Oryza SATIVA

PREDIKSI

1. Nama ilmiah tumbuhan kembang sepatu adalah Hibiscus rosa-sinensis, menurut aturan binomial nomenklatur kata Hibiscus menunjukkan .......

A. nama spesies

B. nama genus

C. penunjuk spesies

D. penunjuk genus

E. keterangan genus

NO

SOAL

2

SKL: Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati,prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan

KEMAMPUAN YANG DIUJI: Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem


1. Berbagai buah jeruk antara lain Bali, Nipis dan Pontianak. Hasil persilangan tanaman ini tidak pernah menghasilkan biji. Hal ini menunjukkan keanekaragaman hayati tingkat …. .

a. varietas d. genus

b. ekosistem e. gen

c. filogenetik


2. Kelompok tumbuhan di bawah ini yang merupakan keanekaragaman tingkat jenis dalam satu genus adalah …

a. lengkuas, jahe, salam

b. aren, kelapa, pinang

c. jeruk pontianak, jeruk medan, jeruk peras

d. bawang merah, daun sledri, bawang putih

e. ubi, singkong, talas


3. Tumbuhan mampu menghasilkan gas oksigen (O2) melalui fotosintesis yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk pernapasan merupakan contoh bahwa keanekaragaman hayati mempunyai nilai …. .

A. ilmiah

B. biologi

C. religius

D. ekonomi

E. sosial budaya


4. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman …

a. varietas

b. gen

c. speises

d. ekosistem

e. habitat


5. Dalam suatu ekosistem sawah terdapat beberapa burung yaitu :

1. Burung gelatik pemakan bulir padi

2. Burung kutilang pemakan serangga

3. Burung pelikan pemakan belut dan keong

Ketiga macam burung tersebut menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat ......

A. genetik

B. spesies

C. ekosistem

D. populasi

E. habitat


6. Kelapa banyak tumbuh di pantai dan dataran rendah sedangkan Aren banyak tumbuh di daerah pegunungan. Kelapa dan Aren menunjukkan tingkat keanekaragaman …

a. varietas

b. gen

c. speises

d. ekosistem

e. habitat

PREDIKSI

2. Seorang peneliti menyilangkan Jeruk Bali dengan Jeruk Medan dengan harapan memperoleh buah yang ukurannya besar dan rasanya manis dengan warna kekuningan. Tanaman hasil penyilangan ternyata tidak pernah menghasilkan buah setelah ditanam beberapa tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara Jeruk Bali dan Jeruk Medan menunjukkan keanekaragaman tingkat …

A. gen

B. spesies

C. ekosistem

D. gen dan spesies

E. gen dan eksosistem